Aplikasi Zoom Berbahaya

45 sec read

aplikasi zoom - mtsolusindo

MTSolusindo.id – Penggunaan aplikasi meeting Online belakangan ini meningkatat tajam. Seiring merebaknya wabah Corona Covid-19 kebutuhan aplikasi untuk meeting online menjadi sangat tinggi. Salah satunya adalah Zoom. Meningkatnya kebuhan pengguna akan aplikasi tersebut akhir – akhir ini Zoom diberitakan menjadi salah satu Aplikasi berbahaya. Hal itu cukup menjadi alasan karena banyak video dan data pribadi user bocor ke internet.

Dalam sepekan terakhir, kasus ini membuat Federal Bereau of Investigation atau Biro Investigasi Federal Amerika (FBI) telah mengeluarkan peringkatan akan acaman ini. “Beberapa laporan” soal panggilan konferensi video yang diganggu oleh “gambar-gambar pornografi dan/atau ujaran kebencian dan ancaman,” ujar FBI melalui rilisnya seperti dilansir dari CNN International.

CEO Zoom, Eric Yuan bahkan mengakui jika aplikasinya tidak sepenuhnya aman. Ia pun berjanji akan menyelesaikan masalah privasi dan kemanan dalam beberapa bulan ke depan.

Bahkan di beberapa negara bagian AS, Zoom sudah dilarang untuk digunakan.

Tips agar tetap aman menggunakan aplikasi Zoom.

  • Jangan melakukan sharing zoom meeting ke media sosial atau mempublikasikan informasi / link meeting.
  • Aktifkan fitur memasukkan password untuk bergabung ke dalam meeting.
  • Administrator harus aktif mengawasi dan memonitor meeting, kalau ada hal yang mencurigakan harap ambil tindakan dan menonaktifkan member yang bermasalah.
  • Jangan sembarangan mengklik tautan yang diberikan melalui Zoom karena rentan disusupi eksploitasi untuk mencuri kredensial atau adanya malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *